Menjadi Tambah Cerdas.

🔴 Apa Untungnya Menulis Artikel Marketing?

Menulis Artikel Marketing

Artikel marketing merupakan salah satu bagian penting dalam ilmu marketing. Kita tak bisa mengelak, marketing sudah jadi ujung tombak semua bisnis. Apapun bisnis yang anda geluti, baik online maupun offline, anda harus punya taktik dan strategi marketing jitu. Tak salah kalau ada ungkapan ”everything is marketing, everybody is marketer.”

Ambil contoh hotel. Semua orang yang bekerja dalam satu hotel berperan sebagai marketer. Anda tak percaya? Resepsionis hotel pasti ramah, bermuka manis dan baik. Bellboy pasti siap membantu anda kapanpun, pelayan bar dan restoran pun sama. Apapun yang anda butuhkan siap mereka layani. Tak akan ada yang bermuka masam di depan anda.

Itu juga terjadi kalau kita ke bank. Pasti anda pernah ke bank yang mutu pelayanannya bagus. Mulai dari pintu masuk anda akan segera disapa Pak Satpam, ”Selamat siang Pak, Bu…” sambil dibukakan pintu. Menuju teller atau customer service kita pasti disuguhi senyuman dan ucapan selamat datang yang sungguh nyaman di hati.

Lalu, apa gunanya mereka semua berbaik hati pada kita? Ya karena kita ini pelanggan. Mereka menjual layanan. Kalau kita tidak dilayani dengan baik, apa jadinya? Pasti pelanggan kabur. Itulah kenapa everybody is marketer. Apapun posisi mereka, semuanya memberikan kontribusi untuk perusahaan.

Nah, bagi anda pebisnis online, apa yang jadi ujung tombak anda? Siapa yang akan jadi marketer anda? Jelas, semua alat yang anda gunakan untuk membangun bisnis adalah alat marketing anda. Dan, tahukah anda bahwa garda depan bisnis online anda adalah artikel marketing yang setiap hari anda tulis?

Artikel marketing di sini adalah artikel membantu para pembacanya.

Ingat, semua orang datang ke internet karena mereka mencari jawaban akan pertanyaan. Harusnya, pembaca merasa terbantu dengan artikel yang anda tulis.

Artikel marketing tak fokus pada menjual sebuah produk, tapi lebih kepada solusi atas problem yang dihadapi pelanggan. Misal, anda tak menulis tentang produk A, tapi bagaimana membuat produk A. Jangan hanya bercerita tentang masalah A, tapi tulislah bagaimana mengatasi masalah A. Seperti itulah artikel marketing.

Saya sering katakan dalam posting terdahulu, tulislah artikel sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan traffic anda. Karena sebagai pebisnis di dunia maya, artikel yang menghubungkan anda dengan pelanggan. Ingat, anda berkomunikasi dengan pengunjung melalui tulisan-tulisan yang anda buat.

Well, apakah artikel marketing hanya untuk berkomunikasi dengan pengunjung? Tentu tidak. Ada dua keuntungan lain yang bisa anda ambil dari artikel marketing. Seperti berikut ini…

– Beriklan gratis
Menulis artikel marketing berarti anda mengundang pembaca. Nah, siapapun yang membaca artikel anda bisa saja tertarik dengan produk dan layanan anda. Tak perlu pasang iklan mahal-mahal. Kalau anda punya cukup anggaran ya tidak apa-apa juga sebenarnya. Tapi, selama anda menulis sesuatu yang informatif, pasti pengunjung suka.

Namun, jangan langsung menjual produk dalam artikel. Anda hanya boleh menulis semua yang jadi permasalahan pengunjung, menulis solusi, dan sediakan informasi. Kenapa? Sabar, kalaupun mereka mau belanja via internet, mereka akan browsing dulu. Jarang yang langsung membeli. Maka, biarkan dulu pengunjung akrab dengan anda. Kalau sudah akrab, kapanpun mereka membutuhkan produk anda, mereka pasti langsung beli.

Artikel di sini berfungsi menggalang kepercayaan pada hati pelanggan anda. Artikel harus bisa membangun brand, karakter, dan reputasi anda. Itulah kenapa seringkali pebisnis online meluncurkan banyak artikel sebelum produk mereka benar-benar keluar. Jangan pelit berbagi informasi dengan pengunjung, beri solusi, pecahkan masalah mereka. Maka mereka akan menganggap blog anda sangat berguna bagi mereka.

– Menarik traffic dan mempererat hubungan dengan pelanggan
Semakin anda menulis yang dibutuhkan pengunjung, semakin anda memikat banyak hati. Dan, bukan itu saja. Anda bisa menindaklanjuti ketertarikan pengunjung dengan mengundang para affiliate marketer untuk meletakkan artikel anda di blog mereka. Anda untung karena artikel anda tidak hanya dimuat di blog anda. Mereka untung karena tak perlu repot membuat artikel.

Jangan lupa, affiliate marketer memiliki peran viral marketing yang sangat penting. Mereka bisa menggelembungkan kantong anda menjadi luar biasa besar.

Dengan menulis artikel pula anda bisa mengundang komentar pelanggan anda. Mereka bisa menyampaikan apa yang mereka pikirkan. Mereka juga bebas mengomentari anda, bertanya, dan memberi anda masukan.

Anda cuma perlu artikel, artikel, dan artikel! Kalau ingin sukses di bisnis online, tulislah artikel marketing, jadilah terkenal, jadilah sukses!

303 Comments. Leave new

merupakan salah satu bagian penting dalam ilmu marketing. Kita tak bisa mengelak, marketing sudah jadi ujung tombak semua bisnis.

bagi anda pebisnis online, apa yang jadi ujung tombak anda? Siapa yang akan jadi marketer anda? Jelas, semua alat yang anda gunakan untuk membangun bisnis adalah alat marketing anda. Dan, tahukah anda bahwa garda depan bisnis online anda adalah artikel marketing yang setiap hari anda tulis

Kalau ingin sukses di bisnis online, tulislah artikel marketing, jadilah pebisnis yang bersahabat dan sabar….

Kalau anda punya cukup anggaran ya tidak apa-apa juga sebenarnya. Tapi, selama anda menulis sesuatu yang informatif, pasti pengunjung suka.

Menulis artikel marketing berarti anda mengundang pembaca. Nah, siapapun yang membaca artikel anda bisa saja tertarik dengan produk dan layanan anda.

seringkali pebisnis online meluncurkan banyak artikel sebelum produk mereka benar-benar keluar. Jangan pelit berbagi informasi dengan pengunjung, beri solusi, pecahkan masalah mereka. Maka mereka akan menganggap blog anda sangat berguna bagi mereka.

sangat penting. Mereka bisa menggelembungkan kantong anda menjadi luar biasa besar, selama konsisten, hasilnya memuaskan

Leave a comment